Nangka Candle

Rp45.000,00

Deskripsi

Nangka Candle

  • Nama Latin : Artocarpus Heterophyllus
  • Asal buah : India Selatan
  • Sifat dan Keunggulan buah : buah nangka candle mempunyai khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita dilihat dari kandungan nutrisinya, seperti vitamin A, B dan C dalam bentuk senyawa thiamin, dan niacin. Buah nangka juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium. Selain itu buah nangka juga mengandung kalori, karbohidrat dan protein
  • Sifat dan Keunggulan bibit : Pohon nangka candle dapat tumbuh dari mulai dataran rendah sampai ketinggian tempat 1.300 m dpl. Namun ketinggian tempat yg terbaik untuk pertumbuhan nangka adalah antara 0-800 m dpl
  • Umur Berbuah : 4 – 5 tahun
  • Cara Pembibitan : Biji
  • Tabulampot  :Bisa
  • Tanah biasa : Bisa

Cara Pemeliharaan :

  • Pemberian pupuk organik berupa pupuk kandang atau pupuk kompos 1-2 kali setahun sebanyak 20 kg per tanaman. Pemberian pupuk anorganik dilakukan satu minggu setelah penanaman dengan dosis 100 gram NPK per tanaman. Pemupukan kedua pada umur 6 bulan dengan dosis 150 gram NPK per tanaman. Pemupukan ketiga dilakukan pada tanaman umur 12 bulan dengan dosis 200 gram per tanaman. Pemupukan keempat pada umur 18 bulan dengan dosis 250 gram per tanaman & pemupukan kelima dilakukan pada tanaman umur 24 bulan dengan dosis 300 gram per tanaman. Selanjutnya bagi tanaman yg sudah berbunga pada lahan tidak subur dapat ditambahkan pupuk organik 650 gram/pohon.

Deskripsi

  • Buah nangka candle memiliki karakteristik yang khas dengan ukuran buah yang besar, warna buah berwarna kuning merona dan aroma yang nikmat yang pastinya tak kalah dengan buah durian. Buah ini  memiliki bentuk buah oval dengan kulitnya bergerigi seperti buah duren namun ukurannya durinya pada kulit nangka tidak sebesar durian. Buah nangka candle yang sudah masak memiliki aroma yang khas dan dapat dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar, buah nangka candle juga mampu diolah menjadi berbagai macam produk kuliner diantaranya : dodol nangka, atau kolak nangka. Bahkan nangka candle yang masih mudapun bisa diolah menjadi sayuran yang menjadi ciri khas jenis makanan pada daerah-daerah tertentu.

Artikel

  • Tanaman Buah Nangka candle merupakan salah satu jenis tanaman buah asli dari negara dengan iklim tropis yang populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tanaman nangka candel memiliki struktur perakaran tunggang, akar utama berbentuk bulat panjang dan dapat menembus tanah cukup dalam sementara akar cabang dan bulu akar menyebar ke segala arah. Batang tanaman nangka candle berbentuk bulat panjang, berkayu keras dan lurus. Buah nangka candle pada umunya berbentuk lonjong atau bulat, berukuran besar dan berduri lunak,  seluruh bagian tanaman ini terdapat getah putih pekat. Daun dari tanaman ini berbentuk daun tunggal yang mudah rontok. Bila telah masak daging buah ini akan berwarna kuning, berbau harum dan manis, kadang ada cairan yang manis. Didalam buah nangka candle terdapat biji yang berbentuk lonjong yang biasa disebut beton.

Ulasan

Belum ada review.

Be the first to review “Nangka Candle”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *